Sabtu, 29 Desember 2012

Cara Capture dari DV Camera ke format DVD

Tutorial ini akan membantu anda bagaimana meng-capture video dari camera video DV dan meng-konvertnya ke DVD. Agar hasilnya bagus, sebaiknya anda menggunakan port firewire (IEEE 1394). Jadi anda bisa menambahkan card firewire di PC anda (jika belum tersedia) dan juga kabelnya. Biasanya sudah include sewaktu membeli video camera. Jika tidak terpaksa anda harus membelinya. Jika semua sudah siap, tinggal sambungkan ke port firewire anda tunggu sampai windows mengenalinya. Biasanya dibutuhkan driver untuk kamera anda. Jika semua sudah OK, kita bisa mulai tutorial ini.

Sebelumnya, jika anda mempunyai masalah dengan loading file DV, donwload dan install DV codec dari sini. Sebaiknya tetap lakukan installasi walaupun tidak ada masalah. Tinggal di unpack, klik kanan pada INF file dan pilih install.

Langkah 1

Kita akan menggunakan sebuah program freeware, yaitu WinDV untuk meng-capture. Programnya bisa di download disini . Install seperti biasa kemudian buka WinDV dan klik Config.

Langkah 2

Pada bagian ini pastikan anda men-select Type 2 pada pilihan DV capture type (1). Kemudian set Discontinuity treshold menjadi 0 dan Max AVI size ke 1000000. (2). Klik OK dan kembali ke window utama.

Langkah 3

Pilih direktori dimana anda akan menyimpan file AVI (1) dan select kotak kecil (2). Terakhir klik Capture (3) untuk memulai proses. Speed-nya 1x, jadi silahkan menunggu. Setelah selesai silahkan lanjutnya ke langkah berikutnya.

Langkah 4

Sekarang yang kita lakukan adalah meng-encode file DV ke format MPEG2. Jika anda mendapat pesan error install codec TMPGEnc berikut ini . Jalankan TMPGEnc dan di dalam wizard pilih type DVD (biasanya 4:3, pilih NTSC atau PAL). Juga pilihlah MP2 audio dan pilih Next.

Langkah 5

Pada tampilan berikutnya pilih AVI file yang telah di buat sebagai audio dan video source (1). Dalam Expert Setting pilih Ratio nya (2) dan klik Next.

Langkah 6



Disini select 720x576 untuk resolutionnya (1). Set audio bitrate (2) dan kemudian persentasi dari disc yang akan digunakan (3) (pastikan anda memberikan angka yang sesuai, seandainya anda mempunyai lebih dari 1 video). Jika sudah siap klik Next.

Langkah 7

Select Output video dan audio sebagai individual streams (1) dan jika anda menginginkan untuk meng-encode lebih dari 1 file pada saat yang sama Create project yang lain dan ikuti langkah sampai anda meng-add semua video. Kemudian dari File -> Batch encode dan mulai meng-encode jobs. Progam ini akan meng-create file video .m2v dan audio file .mp2

Langkah 8

Ok setelah semua file ter-encode kita membutuhkan file-file untuk keperluan pembuatan DVD. (IFO, VOB dll) untuk keperluan menu dan pembuatan chapters. Banyak sekali program2 yang bisa digunakan tetapi untuk yang free bisa menggunakan ini:

DVD X Maker dan TMPGEnc DVD Author

Kita coba contoh dari TMPGEnc DVD Author. Buka program dan klik Create Newe Project seperti pada gambar.

Langkah 9

Kemudian klik Add Title untuk memasukkan video yang telah kita buat sebelumnya.

Langkah 10

Cari File Video dengan mem-browse dan pilih video file (.m2v) yang telah di buat. Kemudian pilih audio setting dan select audiofilenya (1). Biarkan settingan yang lain. Setelah selesai klik pada Chapter cut edit (2) pada bagian atas window.


Langkah 11

Pada bagian ini kita akan membuat chapter. Klik Next. Tinggal klik Add untuk menambah chapter baru yang lain.

Pada bagian adalah untuk mengatur chapter setiap 5 menit. atau berapapun waktu yang diinginkan. Kemudian klik OK.

Langkah 12

Kembali ke menu utama. Disini anda bisa menambahkan lagi video kalau masih ada. Tinggal klik Add new track (1) untuk membuat track baru dan masukkan video ke dalamnya dengan memilih Add file (2) dan ikuti langkah mudah seperti penjelasan sebelumnya. Lebih baik anda memasukkan video di track yang berbeda agar pembuatan menu lebih mudah. Sekarang klik Create Menu. (3)

Langkah 13

Sekarang anda dengan mudah membuat sebuah menu. Hanya dengan memilih theme yang anda suka dari drop-down menu. Kemudian anda dapat merubah judul dengan meng klik dua kali dan menuliskan judul dengan video yang sesuai agar mudah diingat. Jangan lupa pilih DIsplay Main Menu pada Firstplay action agar menu muncul pertama kali saat di play. Setelah selesai klik tombol Output

Langkah 14
 
Inilah saatnya anda meng-create semua file. Pilih folder output, lebih baik folder yang masih kosong (1). Terakhir klik Begin Output (2) untuk memulai. Untuk proses ini membutuhkan sekitar 30-40 menit.

Langkah 15

Langkah terakhir adalah burn DVD anda. Anda juga bisa langsung memburn dengan MPTGEnc DVD author, atau bisa juga menggunakan burner program seperti Nero, seperti gambar di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews